Mengenal Lebih Dekat Tugas HSE Officer dalam Proyek Konstruksi

Mengenal Lebih Dekat Tugas HSE Officer dalam Proyek Konstruksi

Tugas HSE Officer – Dalam dunia konstruksi, keselamatan kerja adalah prioritas utama yang tidak boleh diabaikan. Peran seorang Safety Officer atau Health, Safety, and Environment (HSE) Officer sangat penting dalam memastikan keselamatan pekerja dan aset perusahaan.

Pengenalan dan Tugas HSE Officer

Seorang HSE Officer, yang juga dikenal sebagai Health, Safety, and Environment Officer, memiliki peran penting dalam dunia konstruksi dan industri lainnya. Salah satu contoh HSE Officer adalah Dimas, yang telah bekerja di sebuah perusahaan jasa konstruksi di Jakarta sejak tahun 2015.

Tugas utama seorang HSE Officer adalah memastikan bahwa seluruh lingkungan kerja aman, sehat, dan mematuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan.

Tugas Harian HSE Officer

  1. Safety Morning dan Toolbox Meeting: Setiap pagi, HSE Officer mengadakan pertemuan yang disebut safety morning atau toolbox meeting. Pertemuan ini melibatkan seluruh pekerja dan bertujuan untuk mengingatkan mereka tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Selama pertemuan ini, biasanya diadakan senam pagi dan diskusi materi terkait keselamatan kerja untuk memastikan pekerja selalu ingat dan peduli terhadap K3.
  2. Safety Patrol: HSE Officer juga melakukan patroli keselamatan di area kerja. Mereka mengecek area kerja untuk memastikan semua izin kerja yang diperlukan telah dibuat oleh supervisor atau pengawas lapangan. Patroli ini penting untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan memastikan semua prosedur keselamatan diikuti dengan benar.
  3. Kontrol dan Monitoring: Sebelum pekerjaan dimulai, HSE Officer memastikan bahwa semua pekerja memiliki izin kerja yang diperlukan dan memahami prosedur keselamatan yang harus diikuti. Mereka juga memantau aktivitas di lapangan untuk memastikan tidak ada yang mengabaikan prosedur keselamatan. Ini termasuk memastikan alat pelindung diri (APD) digunakan dengan benar dan semua peralatan kerja berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Peran HSE Officer sangat penting dalam menjaga keselamatan pekerja dan aset perusahaan. Dengan pelatihan yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang keselamatan kerja, mereka bisa mengurangi risiko kecelakaan dan kerugian bagi perusahaan.


Pelatihan Ahli K3

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top